Kode Etik Profesi Sebagai Penunjang “Good Contruction Governance”

UU Jasa Konstruksi No. 18/1999, mengamanatkan bahwa Jasa Konstruksi harus dilaksanakan secara tertib, bertanggung jawab melalui peningkatan kemampuan kompetensi dan profesionalitas untuk dapat meningkatkan daya saing yang menunjang daya saing ekonomi dan kesejahteraan Nasional. Undang-undang Jasa Konstruksi No. 18/1999 juga memberi arah yang jelas bagaimana tujuan tersebut dapat dicapai melalui LPJK: melaksanakan / menyelenggarakan : penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan, registrasi, akreditasi, sertifikasi, klasifikasi dan kualifikasi kepada badan usaha. Tenaga ahli dan tenaga terampil dan menetapkan norma dan standar.

Unsur manusia: sebagai perencana, pelaksana, pengendali / pengawas sangat dominan, kegagalan dan keberhasilan, efisiensi, martabat dan kualitas ditentukan oleh sumber daya manusianya.

Sumber daya manusia yang kompeten, profesional dan beretika yang ditentukan melalui proses pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengawasan, dorongan dan sangsi-sangsi sumber daya manusia yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada pemberi tugas, kepada masyarakat, kepada lingkungan dan kepada Negara.

Kelemahan-kelemahan yang ada pada saat ini selain perlunya penyempurnaan kepranataan dan kelembagaan, juga sosialisasi pemahaman, kepatuhan dan pelaksanaan sanksi-sanksi peran asosiasi amatlah penting untuk itu perlu menetapkan dan menegakkan kode etik dan tata laku anggotanya. Dan tersedianya perangkat: mekanisme / prosedur dan proses penegakan serta adanya struktur institusi yang bertanggung jawab untuk pelaksanaannya.

Semoga melalui upaya terus menerus untuk menuju ke arah “Good Contruction Governance” dalam melaksanakan sustainability construction yang bertanggung jawab tidak saja masalah teknis, seperti juga kepada masalah ekonomi, sosial dan lingkungan. Upaya DPP ATAKI diharapkan Etika profesi menjadi bagian hidup / kehidupan anggotanya.

Download Modul Etika Profesi

(021) 4711796

Ruko Grha Mas Pemuda Blok AD/3
Rawamangun, DKI Jakarta